Jumat, 02 Maret 2012

Summary of Journal "Comparative and Competitive Advantages"

Teori Ekonomi 2 - Bapak Dr. Prihantoro

with Prayoga Cahayanda (25210378)


AN ANALYSIS OF THE ROLE OF RELATIONAL ASSETS FROM A RESOURCE-BASED VIEW: THE CASE OF THE FAILURE OF WIRELESS LOCAL LOOP PROVIDERS IN FRANCE

by

Gaël Bonnin, Olivier Segard, Pierre Vialle


Dari jurnal dapat disimpulkan bahwa "local loop" menjadi hambatan di negara Prancis yang menghambat kompetisi dan pengembangan pasar di bidang telekomunikasi, namun untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan WLL (Wireless Local Loop), karena WLL merupakan alternatif yang menjanjikan untuk akses broadbandTetapi pada tahun 2001 WLL mengalami kegagalan.

Dalam hal ini yang sangat berperan penting dalam industri telekomunikasi adalah aset rasional. Disini menunjukkan bahwa daya saing sumber daya harus dinilai pada tingkat segmen pasar, dan tidak pada tingkat dari seluruh pasar. Pengenalan pasar melalui kasus suatu anak perusahaan dari kelompok telekomunikasi AS yang menawarkan layanan WLL untuk UKM disebut ABC. Beberapa survei pasar dilakukan dengan sebuah perusahaan konsultan utama untuk meramalkan kebutuhan UKM, menentukan penawaran dan menentukan argumentasi tenaga penjualan. 

Hasil dari observasi pasar menunjukkan bahwa nilai jasa WLL, diukur dari segi manfaat, secara positif yang dirasakan oleh sekelompok "demanding users". Namun, juga menunjukkan bahwa manfaat ini harus diimbangi dengan atribut yang lebih umum lain yang berkaitan dengan berbasis pasar aset, seperti reputasi, cakupan pasar, hubungan komersial, pengalaman, kemungkinan kehadiran lanjutan di pasar, atau kualitas layanan. Akhirnya, kita menemukan bahwa France Telecom mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari brand image yang lebih baik dari pada perusahaan yang lainnya. Oleh karena itu, salah satu alasan dari kegagalan relatif dari operator WLL adalah bahwa manfaat yang terkait dengan teknologi baru ini tidak bisa menyeimbangkan berbasis pasar aset yang dikembangkan oleh France Telecom dari waktu ke waktu. 



BUSINESS ENVIRONMENT AND COMPARATIVE ADVANTAGE IN AFRICA: EVIDENCE FROM THE INVESTMENT CLIMATE DATA

Zaman dahulu, keunggulan komparatif belum dapat dibuktikan sebagai salah satu alasan kenapa suatu perusahaan dapat mengungguli perusahaan saingannya. Namun, sekarang sudah banyak jurnal-jurnal yang membahas tentang keunggulan komparatif dan dampaknya bagi perusahaan. Jurnal ini membahas Dewasaddmsdafmteori-teori baru yang melihat evolusi dari keunggulan komparatif dipengaruhi oleh iklim bisnis  dan oleh ekonomi eksternal antara kelompok perusahaan yang termasuk ke dalam sektor terkait. Secara makro, dapat diperkirakan bahwa perusahaan-perusahaan Afrika memiliki biaya yang tinggi jika dibandingkan dengan  tingkat pendapatan dan produktivitasnya.

Jurnal ini melakukan observasi terhadap surve World Bank’s Investment Climate Assessments (ICAs) dan survei investment climate (IC) pada level perusahaan di tahun 2000-2004. Jurnal ini membuktikan  pentingnya pengaruh  biaya tidak langsung yang tinggi dan kerugian yang berhubungan dengan lingkungan bisnis dalam menurunnya produktivitas perusahaan Afrika dibanding terhadap perusahaan yang sejenis di negara lain.

Hasil dari observasi menyimpulkan  bahwa dengan melihat  dari perspektif ekonomi politik pada prospek reformasi iklim usaha di Afrika, faktor-faktor yang penting untuk perkembangan  sektor bisnis Afrika adalah adat, minoritas dan investor asing. Yang terakhir ini memiliki produktivitas yang  jauh lebih tinggi dan kecenderungan lebih besar untuk melakukan ekspor, namun  iklim usaha Afrika yang kurang baik dan kecenderungan untuk mengatasi ini dengan bekerja dalam jaringan etnis memperlambat bisnis baru dan dapat menurunkan insentif dari bagian penting dalam komunitas bisnis yang merupakan sebuah tekanan agresif untuk reformasi. Meskipun reformasi bergerak maju di beberapa negara, ini memperlambat dampak reformasi dan menimbulkan kemungkinan bahwa negara-negara  menetap menjadi negara yang memiliki keseimbangan produktivitas yang rendah.  Jurnal diakhiri dengan diskusi dari temuan dalam reformasi untuk meningkatkan daya saing dan diversifikasi perekonomian Afrika
Top of Form


Tidak ada komentar:

Posting Komentar