Jumat, 20 Januari 2012

Visual Basic 6.0

Microoft Visual Basic (VB) merupakan suatu bahas pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environtment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sisem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).



Langkah-langkah dalam menjalankan visual basic 6.0 adalah :
·        Klik menu Start pada Windows.
·        Pilih menu Programs>…> Microsoft Visual Studio 6.0 > Microsoft Visual  Basic 6.0.
·      Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini, lalu pilih Standar EXE dan klik Open.

elemen-elemen yang ada pada Visual Basic 6.0!

TITLE BAR  Merupakan batang judul yang terletak pada bagian atas jendela program visual basic yang berfungsi untuk menunjukkan nama proyek yang sedang aktif.

MENU BAR  Merupakan batang menu yang berisi menu-menu utama seperti File, edit, view, project dan lain-lain yang berfungsi untuk mengoperasikan program visual basic 6.0

TOOLBAR  untuk mengakses berbagai fungsi yang ada dalam main menu secara lebih cepat dan lebih mudah.

TOOLBOX  Merupakan kotak perangkat yang terdiri atas  beberapa class objek yang digunakan dalam proses pembuatan aplikasi.

PROJECT  EXPLORER Merupakan jendela yang digunakan untuk menampilkan proyek-proyek, form-form, atau modul-modul yang terlibat dalam proses pembuatan aplikasi.

FORM Marupakan tempat yang digunakan unutuk merancang aplikasi yang sedang dibuat . Didalam form anda dapat merancang sebuah program aplikasi dengan menempatkan control-kontrol yang ada di bagian TOOLBOX.

JENDELA CODE Merupakan jendela yang digunakan untuk menampilkan atau menuliskan kode program. Jendela Code ini terbagi atas dua elemen yaitu Object Box yang berisi nama objek yang akan dipilih (contohnya : Form), dan  Procedure List Box yang menampilkan seluruh prosedur untuk suatu objek (contohnya : Click)

JENDELA PROPERTIES Merupakan jendela yang digunakan untuk menampilkan dan mengubah properti-properti yang dimiliki sebuah obyek . Pada jendela properties terdapat dua pilihan tabulasi, yaitu alphabetic (urut berdasarkan abjad) dan catagorized (urut berdasarkan kelompok).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar