Jumat, 27 Januari 2012

Analisis Jurnal


JUDUL PENELITIAN

ANALISIA ELASTISITAS PERMINTAAN INPUT DAN ELASTISITAS PENAWARAN OUTPUT BAWANG MERAH DITINJAU DARI FUNGSI PRODUKSI DI DESA SRIGADIG

PENGARANG

NUR RAHMAWATI DAN ENI INSTIYANTI

TEMA/TOPIK PENELITIAN

TINGKAT ELATISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN BAWANG MERAH DI INDONESIA

LATAR BELAKANG PENELITIAAN

Memasuki Pembangunan Jangka Panjang Tahap Kedua (PJPT II), sektor Pertanian masih menjadi perhatian di samping sektor Industri. Pertanian yang tangguh akan dapat mendukung sektor industri. Dalam sektor pertanian pemerintah telah menetapkan pengembangan berdasarkan skala prioritas. Prioritas pertama ditujukan pada pengembangan tanaman hortikultura yang selama ini diimpor dari luar negeri, seperti bawang merah. Adapun masalah yang banyak dihadapi petani bawang merah yaitu fluktuasi harga. Fluktuasi harga disebabkan oleh adanya ketidak-seimbangan antara permintaan dan penawaran juga dipengaruhi oleh jumlah dan harga faktor produksi (input) yang digunakan. Oleh karena itu petani perlu mengetahui harga bawang merah, harga faktor produksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahannya.
Riset Terdahulu
Faktor produksi dalam suatu proses pertanian dibedakan menjadi faktor produksi tetap dan faktor produksi variabel. Hubungan fisik antara faktor produksi (input) dengan produksi (output) digambarkan dalam bentuk fungsi produksi:

Y = f(x)

di mana Y : produksi (output)
x : faktor produksi (input)
Fungsi produksi mempunyai sifat dualitas dengan fungsi biaya, sehingga dari fungsi produksi dapat mencerminkan fungsi biaya atau fungsi biaya merupakan fungsi invers dari fungsi produksi. Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut:

Fungsi produksi : Y = f(x)

Fungsi biaya : X = v. f^-1(Y)

Dengan diketahui fungsi biaya total dapat diturunkan fungsi biaya marginal yang tidak lain adalah penawaran output. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

π = TR - TC

Syarat keuntungan maksimal adalah turunan pertama dari fungsi keuntungan terhadap output = 0 atau dπ/dy = 0, sehingga akan diperoleh MC=MR=p (harga output)

HIPOTESIS PENELITIAN

·         Diduga penggunaan faktor produksi bawang merah belum efisien.
·         Diduga permintaan input akibat adanya perubahan harga output bersifat elastis.
·         Diduga penawaran output akibat adanya perubahan harga input bersifat tidak elastis.

TUJUAN PENELITIAN

Untuk mengetahui tingkat permintaan input dan penawaran output yang diakibatkan oleh perubahan harga.

METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian dilakukan di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul dengan sampel petani sejumlah 60 orang dengan menggunakan model analisis fungsi produksi Cobb-Douglas, yaitu suatu fungsi atau persamaan yang melibatkan dua variabel atau lebih, variabel yang satu disebut variabel independent (Y) dan yang lain disebutvariabel dependent (X) untuk mewakili hubungan output untuk input. Dalam hal ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan fktr produksi menggunakan fungsi :

 Sedangkan elastisitas permintaan input akibat adanya perubahan harga output dapat dirumuskan dengan :
 Elastisitas penawaran output akibat adanya perubahan harga input dapat dirumuskan dengan :

Sumber & Teknik Pengambilan Data

Sumber Data
Data primer bersumber dari hasil penelitian pada petani di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul yang dijadikan sampel dalam penelitian ini.

Teknik pengumpulan data
-   Observasi
-   Dokumentasi
-   Wawancara

HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN

Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor produksi yang berpengaruh terhadap produksi bawang merah adalah lahan, perekat, dan tenaga kerja luar keluarga  pada tingkat signifikansi sebesar 10 persen. Sedangkan faktor produksi bibit, pupuk urea, pupuk TSP, pupuk KCI, pupuk ZA, insektisida, fungisida, dan tenaga kerja luar keluarga, mempunyai kecenderungan dalam mempengaruhi produksi bawang merah yaitu bisa meningkatkan ataupun menurunkan produksi bawang merah. Koefisien determinasi sebesar 87,27 persen. Ini berarti keragaman produksi bawang merah dapat dijelaskan oleh kesebelas perubah (faktor produksi) tersebut. Sedangkan 12,73 persen dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan.

 Elastisitas permintaan input akibat adanya perubahan harga output sebesar 78,128 (elastis) artinya setiap ada kenaikan harga bawang merah sebesar 1% maka permintaan terhadap input naik sebesar 78,218 persen ceteris paribus. Sedangkan elastisitas penawaran output akibat adanya perubahan harga input sebesar -77,125 (tidak elastis) artinya setiap ada kenaikan harga input (faktor produksi) sebesar 1 persen maka penawaran bawang merah akan turun sebesar 77,125 persen ceteris paribus.

Nilai elastisitas permintaan input maupun elastisitas penawaran output tersebut ternyata terlalu besar. Hal ini dikarenakan perhitungan elastisitas tersebut merupakan turunan dari fungsi produksi tidak secara empirik. Sehingga kesalahan dalam menentukan parameter pada fungsi produksi akan berpengaruh terhadap perhitungan elastisitas permintaan maupun penawaran. Keadaan sangat berkaitan dalam penelitian ini, yang mana penggunaan faktor produksinya tidak efisien. Dengan penggunaan input yang tidak efisien, apabila ada perubahan harga input (faktor produksi) maupun harga output (bawang merah) maka petani akan merubah penggunaan faktor produksi dalam jumlah yang cukup besar.

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Terbatas pada penelitian yang dilakukan di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan faktor produksi lahan, perekat, dan tenaga kerja luar keluarga pada usaha tani bawang merah belum dilakukan secara efisien.sedangkan elastisitas permintaan input akibat adanya perubahan harga output sebesar 78,128 (elastis). Dan elastisitas penawaran output akibat adanya perubahan harga input sebesar -77,125 (tidak elastis).adpun upaya yang harusdilakukan seperti mengaktifkan kegiatan penyuluhan, supaya produksi bawang merah dapat seoptimal mungkin. Dengan demikian,  penggunaan faktor produksi bawang merah bisa lebih efisien dan nilai elastisitas permintaan input maupun elastisitas penawaran output tidak terlalu besar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar