Jumat, 27 Januari 2012

Price and Quantity

Tugas Teori Ekonomi 2 - Bapak Dr. Prihantoro


  Tugas Teori Ekonomi 2 - Bapak Dr. Prihantoro


Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.
Dalam hal ini, saya hanya melihat dari segi demand nya saja. Seperti diketahui, demand atau permintaan dapat diartikan sebagai  hubungan terbalik antara harga dan kuantitas barang yang diminta. Kuantitas barang yang diminta adalah jumlah barang yang diinginkan dan mampu dibeli dengan harga yang diberikan.
Kita bisa mendeskripsi hubungan berbalik antara harga dan kuantitas barang yang diminta dengan tabel berikut :

Dari tabel di atas menggambarkan bahwa semakin tinggi harga telur per kilogram, semakin rendah jumlah  telur yang di minta pasar per bulannya.

Dari grafik kurva permintaan di atas dapat dibuat kesimpulan bahwa bentuk kurva permintaan pada umumnya memiliki kemiringan (slope) yang negatif atau bergerak dari kiri atas ke kanan bawah. Bentuk kurva semacam inimempunyai makna bahwa semakin tinggi harga suatu barang maka semakinsedikit permintaan akan barang tersebut, demikian juga sebaliknya semakinrendah harga suatu barang maka semakin tinggi permintaan akan barangtersebut. Hal ini terjadi karena pada harga yang tinggi banyak pembeli yang sebenarnya berminat membeli barang tersebut menjadi tidak mampu membeli sehingga permintaan terhadap barang tersebut menjadi berkurang/ sedikit. Sebaliknya pada harga yang rendah, pembeli yang sebelumnya tidak mampu membeli, menjadi mampu membeli sehingga pada harga yangrendah permintaan terhadap barang cenderung banyak atau mengalamikenaikan.Dari grafik di atas juga menunjukkan bahwa permintaan-permintaanindividu yang ada di pasar jika dijumlahkan secara horizontal (hanya padasumbu kuantitas = Q) akan menjadi kurva permintaan pasar. Jadi kurva permintaan pasar sebenarnya hanya merupakan penggabungan secarahorizontal dari kurva-kurva permintaan individual yang ada di pasar.
Perubahan jumlah barang yang diminta menunjukkan berubahnya jumlah barang yang diminta karena adanya perubahan harga barang itu sendiri.
Dalam perubahan jumlahbarang yang diminta maka faktor-faktor lain yang bisa membuat kurva Demand beralih, yaitu Selera atau keinginan konsumen, Harga barang lain, barang substitusi ,barang pelengkap, pendapatan konsumen, jangkaan pada harga dan pendapatan masa depan
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari grafik berikut :

Dari grafik di atas dapat dijelaskan bahwa perubahan jumlah barang yang diminta dari OQ ke OQ1 atau pergeseran dari titik A ketitik B terjadi karena berubahnya harga (penurunan harga) dari OP ke OP1.Jadi pada perubahan jumlah barang yang diminta dapat ditandaiadanya pergeseran dari titik A ke titik B, dimana pergeseran terjadikarena adanya penurunan harga dan pergeseran itu terjadi disepanjangkurva atau masih pada kurva yang sama.

Referensi :
http://noverizal.blogspot.com/2011/04/penentuan-harga-keseimbangan_26.html
http://www.scribd.com/doc/33807730/9/Pengertian-Harga-dan-Jumlah-Keseimbangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar