Senin, 07 November 2011

Artikel Perkembangan Perdagangan Sepatu Indonesia di Pasar Global

Tugas Teori Ekonomi 1 - Bapak Dr. Prihantoro


bersama Meita Putri

Sepatu adalah suatu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Pengelompokkan sepatu biasanya dilakukan berdasarkan fungsinya, seperti sepatu resmi (pesta), sepatu santai (kasual), sepatu dansa, sepatu olahraga, dan sepatu kerja.
satuan untuk ukuran sepatu mengikuti beberapa standar dan berbeda di bagian-bagian dunia. Pengukuran ukuran sepatu seseorang biasanya dilakukan dengan menggunakan piranti brannock.




Industri Sepatu Sebagai Penyerapan Sumber Tenaga Kerja

Industri sepatu telah menyerap tenaga kerja langsung sekitar 450.000 orang dan tenaga kerja tidak langsung sekitar 210.000 orang. Industri sepatu belakangan ini telah menjadi daya tarik investor asing dari china, jepang, india, korea selatan dsb. Industri sepatu di indonesia mempunyai prospek yang baik, karena bahan baku cukup, tenaga kerja relatif murah dan fasilitas kondusif.

Masa Kejayaan Sepatu Indonesia Sedang Bangkit Kembali

Setelah krisis asia 1977 mengurangi pesanan buyers terhadap produk sepatu indonesia, sekarang merek sepatu raksasa seperti adidas, lacoste, puma dan sejumlah merek sepatu casual kini mulai kembali masuk ke indonesia. Bahkan adidas telah mengalihkan sebagian ordernya dari cina setelah melihat iklim investasi di indonesia membaik.

Dari kejayaan ekspor kulit tahun 1986-1996 telah berubah menjadi kejayaan ekspor produk jadi berbahan baku kulit seperti 2,4 miliar dolar as yang menduduki urutan ketiga di bawah tekstil dan kayu sebagai komoditas ekspor utama non migas sepatu, jaket, tas, sarung tangan dsb.

Pada dekade tahun 1990an, kulit indonesia menjadi incaran indusri sepatu dunia, karena mutunya sangat khas. Indonesia ekspor sepatu sport 70% dari total ekspor. Total pasar sepatu dunia sekitar us$47,8 milyar.
Tahun 2011  ekspor sepatu bakal tumbuh 10% dibanding tahun 2010. Artinya, nilai ekspor alas kaki di prediksi akan meningkat dari us$ 2,1 miliar tahun ini menjadi us$ 2,4 miliar di 2011. Sebaliknya, penjualan alas kaki lokal di dalam negeri bakal melorot lantaran sulit menandingi serbuan sepatu asal China yang lebih murah. penurunan (di pasar domestik) bisa sampai 20%. Bahkan sampai akhir 2010, nilai penjualan alas kaki di dalam negeri akan mencapai sekitar Rp25 triliun. Sebanyak 60% di antaranya atau sekitar Rp15 triliun disumbang sepatu lokal. sisanya sepatu impor yang sebagian besar dari China.

Dengan penurunan sebesar 20%, tahun depan, artinya, penjualan sepatu merek lokal akan merosot dari Rp15 triliun tahun ini menjadi Rp12 triliun. Padahal, secara nasional, penjualan alas kaki di dalam negeri pada tahun 2011 diprediksi bakal tumbuh lebih dari 20%.

Keseimbangan Supplay Bahan Baku Kulit Bermutu

Pasokan bahan baku kulit di indonesia melimpah. Pemerintah mendorong agar bahan baku industri sepatu di dalam negeri terjamin pasokannya. Dengan kebijakan pemerintah, saat ini kebutuhan kulit untuk industri sepatu berimbang dengan ekspor bahan baku kulit ke manca negara. Kulit yang dihasilkan baik dari domba, kulit buaya maupun kulit ular, banyak tersedia di dalam negeri.

Unggul Dalam Mutu dan Desain

Indonesia awalnya telah unggul dalam produk sepatu sport di pasar global. Produk sepatu non sport indonesia mempunyai nilai lebih dibandingkan produk dari negara lainnya. Produk indonesia jauh lebih unggul terutama dalam kerapihan sehingga lebih mudah masuk ke industri fashion.

Peluang Peningkatan Ekspor ke Eropa Semakin Terbuka

Keputusan komisi uni eropa untuk mengenakan kebijakan anti dumping terhadap produk sepatu Cina dan Vietnam april 2006, peluang kepada industri sepatu nasional untuk menggenjot ekspor ke pasar Eropa semakin terbuka. Nilai ekspor sepatu dua negara itu ke pasar uni eropa tahun 2005 mencapai sekitar us$ 7 miliar, masing-masing us$ 2 miliar dari Vietnam dan us$ 5 miliar dari Cina yang dinilai terlalu banyak sehingga perlu dibatasi dengan target penurunan 20% dibandingkan dengan tahun lalu. Berkurangnya ekspor sepatu dari China dan Vietnam ke Eropa membuat perhatian masyarakat Eropa beralih ke sepatu diluar kedua negara termasuk ke sepatu asal Indonesia. Pameran sepatu Indonesia di Prancis dan Belanda banyak dikunjungi masyarakat setempat.

Shopping for Tourist

Disain dan kualitas sepatu Indonesia banyak dikenal turis asing sebagai salah satu obyek shoping di pusat produsen sepatu seperti di Cibaduyut. Turis datang langsung pakai sepatu cibaduyut yang terkenal bagus dan murah. Mutu, disain dan harga yang baik lebih dikenal melalui informasi turis dari mulut ke mulut tanpa banyak propaganda. Tempat di pusat industri sepatu berada di banyak tempat di Indonesia. Bahan baku pendukung melimpah. Menurutnya, sumber daya alam untuk bahan baku kulit di Indonesia sebenarnya cukup melimpah. Hanya saja SDM di sektor industri pengolahan kulit, belum optimal menghasilkan produknya. Terbukti industri sepatu masih enggan menggunakannya karena alasan kualitas, terutama dalam cara pengolahan yang belum memenuhi standar di pasar internasional.

Industri Sepatu Di Indonesia Menarik Investor Asing

Sanksi komisi Eropa terhadap ekspor sepatu China dan Vietnam mendorong daya tarik industri sepatu di Indonesia. Sejak China dan Vietnam dikenai anti dumping pada april 2006 sudah ada 2.500 pabrik di RRC berguguran. Pemerintahan RRC mendukung pengusahanya yang mau melakukan relokasi dengan bantuan pinjaman dana. Indonesia dipilih karena telah menjadi tujuan produsen sepatu ketiga di dunia setelah RRC dan Vietnam. Saat ini sudah beroperasi 15 pabrik sepatu dari pengusaha asing. Sebanyak 11 pabrik berlokasi di Jawa Timur dan 4 berada di wilayah Jakarta. Kelimabelas perusahaan itu berasal dari Korea 2 pabrik, RRC 3 pabrik, Vietnam 1 pabrik, Singapura 1 pabrik, India 1 pabrik dan sisanya asal Taiwan. Merek sepatu yang diproduksi itu seperti marks and spenser, lotto, puma, adidas satu pabrik, nike 2 pabrik, echo perluasan pabrik, lacoste, diadora perluasan satu pabrik, timberland. Investor asing disamping memajukan industri sepatu juga turut mengembangkan industri kulit. Sebagai gambaran, ke-15 perusahaan sepatu asing itu mengeluarkan investasi us$ 170 juta dengan menyerap 250 ribu tenaga kerja.

Meningkatkan Disain Kualitas Dan Kepuasan

Melalui kerjasama antara asosiasi persepatuan dan asosiasi kulit dibuat suatu grand design untuk membuat sepatu kulit lebih bermutu dan disain yang unggul untuk kepentingan ekspor ke pasar global. Meningkatkan diversifikasi model sepatu tidak hanya sepatu sport saja. Disain dan kualitas bahan baku beragam baik dari kulit binatang domba, sapi, ular phyton atau sanca, serta kulit buaya dan biawak.  Di zaman era globalisasi ini buyer sensitif terhadap harga, mutu dan pelayanan, tetapi buyer dunia yakin Indonesia bisa mempertahankan daya saing, sehingga pesanan sepatu Indonesia untuk konsumen global selalu terpelihara. Sejumlah pemegang merek sepatu dunia lainnya seperti Puma dan Lacoste serta beberapa merek sepatu casual lainnya juga menambah pesanannya dari Indonesia.


Kesimpulan :



Indonesia perlu meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari sepatu yang di produksi untuk membuat sepatu lebih bermutu. Jangan pernah takut untuk mengeluarkan model-model terbaru, dan jangan takut untuk bersaing dengan produk-produk China. Indonesia harus mengoptimalkan SDM di sektor industri pengolahan kulit agar bahan baku yang melimpah tidak disia-siakan begitu saja.


6 komentar:

  1. wah sejarah yang memberikan informasi
    www.sepatusafetyonline.com

    BalasHapus
  2. KESAKSIAN SAYA

    Salam semuanya, nama saya SANTIAGO GONZALEZ dan saya tinggal di Spanyol, saya ingin berbicara tentang kebaikan Tuhan dalam hidup saya setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan telah tertipu sehingga saya menjadi putus asa dalam memperoleh pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah, lalu saya melihat komentar dari seorang teman bernama James dan dia berbicara tentang pinjaman sah perusahaan ini di mana dia mendapatkan pinjaman cepat dan mudah tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada seorang wanita bernama Ny. REBACCA yang mengendalikan penegasan yang disebut REBACCA ALMAL LOAN COMPANY, jadi saya meminta sejumlah $ 450.000 (Empat Ratus Lima Puluh Ribu Dolar) suku bunga rendah 2%, pinjaman disetujui dan disetor ke rekening bank saya sehingga saya bisa mendapatkan pinjaman untuk menjaga bisnis saya yang rusak berjalan dan juga untuk membayar tagihan saya, jadi saya menyarankan Anda semua yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman cepat dan mudah, hubungi mereka dengan ramah melalui email :( rebaccaalmaloancompany@gmail.com} untuk mendapatkan segala jenis pinjaman yang Anda butuhkan hari ini, terima kasih kepada membaca kesaksian terbesar dalam hidupku.

    Anda juga dapat menghubungi ibu yang baik melalui WhatsApp Number +14052595662


    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya jika ada pertanyaan: santiagogonzalezk9@gmail.com


    Tn. Santiago Gonzalez

    Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  3. KESAKSIAN SAYA

    Salam semuanya, nama saya SANTIAGO GONZALEZ dan saya tinggal di Spanyol, saya ingin berbicara tentang kebaikan Tuhan dalam hidup saya setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan telah tertipu sehingga saya menjadi putus asa dalam memperoleh pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah, lalu saya melihat komentar dari seorang teman bernama James dan dia berbicara tentang pinjaman sah perusahaan ini di mana dia mendapatkan pinjaman cepat dan mudah tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada seorang wanita bernama Ny. REBACCA yang mengendalikan penegasan yang disebut REBACCA ALMAL LOAN COMPANY, jadi saya meminta sejumlah $ 450.000 (Empat Ratus Lima Puluh Ribu Dolar) suku bunga rendah 2%, pinjaman disetujui dan disetor ke rekening bank saya sehingga saya bisa mendapatkan pinjaman untuk menjaga bisnis saya yang rusak berjalan dan juga untuk membayar tagihan saya, jadi saya menyarankan Anda semua yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman cepat dan mudah, hubungi mereka dengan ramah melalui email :( rebaccaalmaloancompany@gmail.com} untuk mendapatkan segala jenis pinjaman yang Anda butuhkan hari ini, terima kasih kepada membaca kesaksian terbesar dalam hidupku.

    Anda juga dapat menghubungi ibu yang baik melalui WhatsApp Number +14052595662


    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya jika ada pertanyaan: santiagogonzalezk9@gmail.com


    Tn. Santiago Gonzalez

    Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  4. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  5. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke rekening saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online itu palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    BalasHapus