Selasa, 05 April 2011

Membuat Perintah Melalui Visual Basic


Membuat perintah melalui Visual Basic (VB) :
1.    Sebelum menggunakan VB, terlebih dahulu membuat shortcut key di macro untuk menjalankan perintah yang nantinya akan dibuat di modul VB. Caranya pada toolbar pilih View >> Macro >> Record New Marco kemudian ketik nama macronya dan buat shortcut key-nya “Macro1” dan “crtl+shift+z”  kemudian tekan OK. Setelah itu pada Macro tadi tekan Stop Recording.

           
2.    Untuk membuat perintah pada VB maka pada komponen Macro pilih View Macro, akan timbul kotak seperti dibawah ini. Kemudian pilih Edit untuk membuat perintah.

3.    Maka akan keluar Microsoft Visual Basic, di dalamnya terdapat modul untuk membuat perintah-perintah yang diinginkan, tapi sebelum membuat perintah, tulisan selain Sub Macro dan End Sub di hapus, karena itu merupakan perintah yang sebelumnya dibuat pada macro.


4.    Disini kita akan membuat perintah untuk sebuah tabel yang berisi No, Nama, NPM dan Kelas setiap mahasiswa, seperti :


5.    Tapi sebelumnya kita akan membuat penomorannya terlebih dahulu, caranya menggunakan perintah seperti gambar dibawah ini.

Keterangan perintah :
·      N=, variabel yang dapat menampung nilai yang dapat berubah-ubah.
·      Val, berhubungan dengan tipe data (angka).
·      InputBox, berbentuk kotak yang bisa dimsukkn data.
·      “masukkan...”, perintah pada data yang di input.
·      “input...”, judul pada input box.
·      For i = 2 to n+1, untuk variabel i yang di mulai dengan angka 2 sampai n (tak terhingga) sesuai berapa angka yang di input. Yang berada pada coloum 1 row 2.
·      Cells (i,1).Value = i-1, letak angka yang di input pada sel dengan nilai i-1.
·      Next i, lanjutan variabel i sampai berapa data yang di input.
Untuk menjalankan perintah tersebut jalankan shortcut yang sebelumnya sudah di buat pada macro, maka akan keluar sebuah kotak seperti ini :

Karena jumlah data yang kita ingin masukkan sebanyak 5 nomor maka kita tulis 5 kemudian klik OK.

Untuk mengisi datanya, perintah yang sebelumnya ditulis dihapus dan di buat perintah baru lagi seperti  dibawah ini. Untuk keterangannya sama seperti sebelumnya, hanya saja di sini kita ingin masukkan nama, npm, kelas, dengan perintah letak sel yang di tambah.


6.       Jalankan shortcut key yang sama seperti tadi maka akan timbul kotak :
·      Untuk berapa banyak data yang ingin di input, sama seperti sebelumnya.
        
         
·      Untuk nama pada biodata1, kemudian tekan OK.
         

·      Untuk NPM mahasiswa, kemdian tekan OK.
 

·      Untuk kelas, kemudian tekan OK.
 

·      Untuk data nomor 2 sampai 5 akan berlanjut seperti di atas.

2 komentar:




  1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus