Sabtu, 22 Oktober 2011

Circular Flow of Economic

Tugas Teori Ekonomi 1 - Bapak Dr. Prihantoro

Kegiatan perekonomian suatu negara dan pelaku-pelaku ekonomi yang terliba dalam perekonomian, dapat dilihat dari circular flow berikut ini :



Dalam circular flow, di jelaskan bahwa masyarakat mengkonsumsi barang dan jasa dari produsen. Sebagai timbal balik kepada masyarakat, produsen memberikan gaji kepada tenaga kerja (masyarakat) yang bekerja pada perusahaan-perusahaannya. Masyarakat juga membayar pajak kepada pemerintah sehingga masyarakat mendapatkan subsidi dari pemerintah (transfer payment). Masyarakat yang berperan sebagai penerima pendapatan dari produsen akan menyisihkan sebagian besar pendapatan mereka (sisa dari uang belanja) untuk ditabung di bank agar memperoleh bunga yang besar (i1), kemudian masyarakat yg lainnya akan meminjam uang ke bank dengan penetapan sejumlah suku bunga. Uang yang tadinya di peroleh dari pinjaman kredit akan akan disalurkan ke produsen sebagai untuk melakukan pembelian barang-barang modal. Setelah produsen menghasilkan laba, maka sebagian laba tersebut akan di kembalikan kepada masyarakat sebagai timbal balik atas investasinya kepada produsen berupa bunga (i2) dari deviden.  Masyarakat juga membuat aspirasi kepada penampung aspirasi yang akan menjadi sebuah kabijakan kepada pemerintah yang nantinya untuk masyarakat juga. Dengan konsumsi masyarakat kepada produsen akan membantu bank dalam menarik nasabah yang ingin menabung, peran pemerintah dapat menggandeng salah satu dari produsen maupun bank jika mereka memiliki kekurangan J

Dalam hal ini, suku bunga menjadi tolak ukur bagi masyarakat, produsen dan bank. Jika i1 naik maka masyarakat yang menabung juga akan banyak. Sedangkan i2, jika suku bunga naik maka investasi akan menjadi murah karena masyarakat cenderung memilih untuk menabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar