Kamis, 04 November 2010

Segmentasi Pasar


Zaman sekarang ini begitu banyak produk makanan yang di jual di masyrakat. Baik makanan dari luar maupun dalam negri, dari segi harga ada yang di peruntukkan menengah ke bawah dan ada juga yang menengah ke atas. Dan kembali lagi ke pendapatan masing-masing.



Pada artikel kali ini kami mengambil satu sempel segmentasi pasar yang di ambil dari segi pendapatan masyarakat terutama menengah ke atas pada usaha makanan Mc Donald.

Mc Donald adalah rangkaian rumah makan siap saji terbesar di dunia yang di bentuk oleh suatu usaha Franchise dan Brand-nya berasal dari Amerika yang terkenal dengan Hamburgernya, namun mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng, field ayam dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat Restoran itu berada . Pada segmentasi pasar McD termasuk makanan yang lumayan mahal dan biasanya hanya orang yang berpenghasilan lebih (menengah ke atas) yang mampu membeli produk makanan jenis ini.



Adapun faktor yang mempengaruhi proses pembelian McD itu sendiri yaitu
  1. Fisik             :  adanya rasa haus dan lapar ( karena haus dan lapar inilah yang menjadi pendorong untuk membeli makanan di McD.
  2. Rohaniah      :  memberikan kepuasan bagi orang itu sendiri karena kebutuhan fisiknya telah terpenuhi.
  3. Hasrat          :  memberi rasa bangga pada dirinya sendiri karena dapat makan di McD karena merasa puas, kebutuhan fisik dan rohaninya telah tertpenuhi.

Faktor seseorang yang membeli McD yaitu dapat disebabkan karena dirinya yakin dan percaya pada produk yang di belinya itu halal untuk di konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar